Pengobatan Kanker Payudara

Pengobatan yang dilakukan kepada mereka yang menderita kanker serviks hampir sama dengan pengobatan yang dilakukan oleh penderita kanker payudara.

A. Medis

– Pengobatan kanker pada dasarnya sama, yaitu salah satu atau kombinasi dari beberapa prosedur berikut:
– Pembedahan (Operasi )
– Penyinaran (Radioterapi)
– Pemakaian Obat-obatan pembunuh sel kanker (Sitostatika/Khemoterapi)
– Peningkatan daya tahan tubuh (Imunoterapi)
– Pengobatan dengan Hormone

1. Pembedahan  

Pembedahan merupakan suatu bentuk pengobatan kanker yang paling tua.  Pada tahun 1988, dari 1 juta orang Amerika yang menderita kanker, 64% telah menjalani pembedahan dan 62% dari kelompok ini mengalami kesembuhan.

Pengobatan dan Prognosa ditentukan oleh beratnya dan penyebaran kanker (stanging). Pada stadium dini, beberapa kanker sering dapat disembuhkan hanya dengan pembedahan. Pembedahan memang hanya bisa dilakukan pada kanker stadium dini.

2. Kemoterapi

Belum ditemukan obat kanker yang ideal, yang mampu menghancurkan sel-sel kanker tanpa mencederai sel-sel normal. Meski demikian, banyak penderita yang bisa diobati dengan obat-obatan antikanker (Kemoterapi). Efek samping dari kemoterapi sendiri kini sudah dapat dinimalisir. Beberapa yang telah melakukan kemoterapi mengalami kesembuhan.

Obat antikanker dikelompokkan kedalam beberapa kategori:
a. Alkylating Agents (Gas Mostar )
b. Antimetabolit
c. Alkaloid tanaman
d. Antibiotik Antitumor
e. Enzim
f. Hormon
g. Pengubah respon biologi

Penggunaan 2 atau lebih obat diatas sering digunakan sebagai suatu kombinasi. Alasan dilakukannya terapi adalah untuk menggunakan obat yang bekerja pada bagian yang berbeda dari proses metabolisme sel, sehingga akan meningkatkan proses penghancuran jumlah sel-sel kanker. Selain itu, efek samping yang berbahaya dari kemoterapi bisa diminimalisasi dengan mengurangi dosisnya.

Saat mengkombinasikan obat-obatan tersebut maka dosis masing-masing obat lebih sedikit dibandingkan dosis yang diperlukan saat obat tersebut digunakan tersendiri. Kombinasi obat bisa dilakukan seperti menggabungkan obat yang membunuh sel-sel tumor dengan obat yang merangsang sistem kekebalan terhadap kanker.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kanker Payudara and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.