Kanker Payudara

Kanker payudara termasuk jenis karsinoma, kaner yang awalnya terjadi di sel-sel permukaan tubuh. Kanker payudara umum terjadi pada wanita dan kemungkinan kecil terjadi pada pria. Pada dasarnya struktur payudara pria sama dengan wanita, hanya saja payudara tidak mengalami perkembangan lebih lanjut .

Beberapa faktor ditenggarai sebagai penyebab kanker payudara, diantaranya :

  • Faktor usia. Resiko mengalami kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Faktor genetik. Mereka yang keluarganya memiliki riwayat kanker payudara, beresik terjangkit kanker 2 kali lipat, dibandingkan dengan yang tidak punya faktor keturunan.
  • Faktor obat-obatan. Kanker payudara mungkin dialami wanita yang melakukan terapi pengganti hormon.
  • Faktor stres. Stres akan meningkatkan kadar hormon kortisol, yang dapat memicu terjadinya kanker payudara.
  • Faktor lain yang diduga sebagai penyebab kanker payudara adalah menstruasi dini, tidak menikah, menikah tetapi tidak punya anak, melahirkan anak pertama diusia lanjut, serta tidak pernah menyusui anak.

Gejala awal dari kanker payudara adalah munculnya benjolan di payudara, yang dapat diraba dengan tangan dan makin lama benjolan makin mengeras dan bentuknya tidak beraturan. Gejala lebih lanjut dapat dikenali dari pembesaran payudara bukan saat hamil dan menyusui, timbul benjolan dibawha ketiak, perubahan kulit disekitar benjolan payudara menjadi mengkerut seperti kulit jeruk, warna puting yang semakin menggelap, puting mngerut ke dalam, hingga bengkak di sekitar puting. Pada stadium lebih lanuut, keluar cairan berbau busuk menyerupai nanah dari puting susu.

Pencegahan dini sangat diperlukan. Pemeriksaan kanker  payudara yang paling baik yaitu ketika stimulasi hormon dari payudara paling sedikit, yakni 7-10 hari setelah awal dari siklus haid. Pada saat itu, penyimpanan cairan dari payudara dan pembelahan sel adalah paling rendah. Disarankan wanita usia >17 tahun melakukan pemeriksaan payudara sendiri minimal 1x sebulan. Jika dirasa ada kelainan, diagnosis dapat dipastikan melalui emeriksaan fisik payudara atau mamografi.

 


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kanker Payudara and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>